Kamis, 04 Agustus 2011

LAPORAN PPL


BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Fakultas  Ilmu Keolahragaan ( FIK ) merupakan salah satu Fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta yang visi dan misinya mengembangkan dan menyiapkan serta menghjasilkan tenaga guru pendidikan jasmani ( penjas ) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan sebagai tenaga profseional. Dalam rangka menyiapkan calon pendidik yang berkualitas tersebut, FIK  memberikan seperangkat pengetahuan  dan ketrampilan  kepada mahasiswa D-II PGSD Penjas tentang proses pembelajaran penjas ke SD-an dan atau kegiatan pendidikan lainya melalui mata kuliah praktik pengalaman lapangan ( PPL )
Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) adalah mata kuliah yang wajib lulus dengan bobot 4 sks dan merupakan mata kuliah yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh lapangan belajar sebelumnya. PPL di laksanakan di sekolah dasar yang telah di tunjuk oleh Universitas Negeri Yogyakarta terutama di wilayah Wates, Kulon Progo.
PPL  D-II PGSD Penjas kelompok 3 ( tiga ) tahun  2010 dilaksanakan di sekolah dasar wates, Kulon Progo , dimana sekolah dasar tersebut terakreditas sebagai sekolah ,rintisan sekolah berstandar internasional  ( RSBI ) dan mrmpunyai sarana dan prasarana serta lingkungan yang mendukung bagi proses pembelajaran.


B.     TUJUAN PPL
Adapun tujuan dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah:
1.      Menerapkan segala bentuk pengalaman yang telah di peroleh mahasiswa selama masa studi di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.
2.      Melakukan praktik secara langsung baik secara terbimbing maupun mandiri.
3.      Mengenal dunia pendidikan, khususnya di Sekolah Dasar secara nyata.
4.      Menyiapkan diri sebagai guru Sekolah Dasar yang Profesional.

C.    MANFAAT  PPL
1.      Bagi Mahasiswa
a.       Menambah pengalaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan jasmani di Sekolah Dasar.
b.      Memperoleh daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecah masalah pendidikan, khususnya yang ada di Sekolah dasar.
c.       Memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanaan pembelajaran dan kegiatan manajerial di Sekolah Dasar.
d.      Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat berperan sebagai, motivator, dinamisvator, dan membantu pemikiran sebagai “problem slover”.
2.      Bagi Sekolah
a.       Memperoleh kesempatan untuk dapat andil dan menyiapkan calon guru penjas di sekolah dasar.
b.      Dapat membantu, pemikiran, tenaga, ilmu dan tekhnologi dalam merencanakan serta melaksanakan pengembangan sekolah khususnya proses pembelajaran penjas.
3.      Bagi Guru
a.       Memperoleh umpan balik pelaksanaan PPL di sekolah guna pengembangan kurikulum dan IPTEK yang di sesuaikan dengan kebutuhan sekolah dasar.
b.      Memperoleh sebagai sumber dab menemukan berbagai permasalahan untuk poengembangan penelitian dan pendidikan.

















BAB II
OBSERVASI

A.    PELAKSANAAN OBSERVASI
Sebelum melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ), mahasiswaq harus dapat melaksanakan observasi ke Sekolah Dasar tempat pelaksanaan PPL. Hal ini di maksudkan agar mahasiswa tahu apa saja yang dibutuhkan dan di persiapkan dalam pelaksanaan PPL, baik yang berhubungan dengan lingkungan sekolah, proses pembelajaran, potensi sekolah, dan sarana prasarana yang dimiliki sekolah. Observasi telah di lakukan pada:
            Hari                 : jum’at
            Tanggal           : 8 juli 2010
            Waktu             : 09.00 WIB
            Tempat            : SD 4 Wates, Kulon Progo

B.     HASIIL OBSERVASI
1.      Lokasi sekolah
SD IV wates terletak di daerah wates, Kulon Progo, yogyakarta, telp. 773748.
Nama sekolah              : SD 4 Wates
N.S.S                           : 10104040104
Alamat Sekolah           : Jl. Stasiun No.4 Wates, Kulon Progo
Kecamatan                  : Wates
Kabupaten                   : Kulon Progo
Propinsi                       : Yogyakarta
Kode Pos                    : 55611
Status Sekolah                        : Negeri

2.      Sejarah Singkat

         SD 4 Wates pada awalnya berdiri tetap 2sekolah dasar yaitu SD Wates 4  dan SD wates 1 yang terletak di wates, kulon porogo. SD IV Wates  memiliki lahan seluas 3.524 m2 berstatus hak pakai dengan bukti lengkap yang Syah. Di atasnya berdiri berbagai sarana dan prasana serta fasilitas yang memadai serta fasilitas yang memadai dengan luas keseluruhan 1.545 m2 yang tewrdiri dari:

a.       Ruang Guru
1.      1 Ruang Kepala Sekolah
2.      1 Ruang Guru
3.      1 Ruang Media Pembelajaran
4.      1 Ruang Komputer
a.       28 komputer
b.      31 meja komputer
c.       14 kursi plastik
d.      3 lemari
e.       1 Mading pengembangan diri
f.       1 AC
g.      29 kursi kayu
h.      1 orjen
i.        1 kipas angin
j.        6 stabilitator
k.      2 angklung
l.        4 printer
m.    2 keyboard rusak
n.      2 CPU rusak
o.      2 salon musik kecil
p.      1 LCD komputer rusak
q.      1 jam dinding rusak

5.      1 Ruang UKS
a.       4 kursi
b.      1 meja
c.       1 kaca
d.      1 wastavel
e.       3 ranjang
f.       2 lemari obat
g.      3 kursi panjang
6.      1 Ruang Perpustakaan
a.       5 lemari susun
b.      3 lemari biasa
c.       Reverensi
d.      Loker
e.       10 Atlas
f.       Grafik peminjaman
g.      Grafik pengunjung
h.      12 meja aritmatika
i.        2 komputer
j.        7 meja
k.      1 kipas angin
l.        2 lemari penyimpanan berkas
7.      12 Ruang Kelaas
8.      1 Ruang LRC
9.      1 Ruang bahasa
10.  1 Ruang seni tari
11.  1 Ruang BP
b.      Ruang penunjang dan fasilitas
1.      1 Ruang gudang
2.      1 Musholla
3.      1 Dapur
4.      2 Rumah dinas
5.      1 Tempat parkir guru
6.      1 Tempat parkir siswa
7.      2 toilet guru
8.      2 toilet siswa
9.      4 toilet musholla
10.  1 gudang olahraga
11.  1 gudang IPA
12.  1 gudang perpustakaan
13.  2 kantin
14.  Taman sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar