Selasa, 19 April 2011

TES PENGUKURAN EVALUASI DAN ASSESMEN


 Tes, Pengukuran, Asesmen, dan Evaluasi merupakan istilah yang berbeda namun saling berhubungan. Banyak orang tidak mengetahui secara jelas perbedaan di antara istilah-istilah tersebut, sehingga penggunaannya sering dipertukarkan secara tidak tepat. Agar jelas berikut ini akan diuraikan perbedaan antara Tes, Pengukuran, Asesmen, dan Evaluasi
1.     Instrumen/Tes
Instrumen adalah alat yang digunakan untuk memperoleh informasi tentang individu atau objek. Terdapat berragam instrumen sesuai dengan jenis informasi yang ingin dikumpulkan, dapat berupa tes maupun non-tes. Instrumen yang baik harus memenuhi syarat kesahihan, kehandalan, kekhususan.
Sebagai alat pengumpul informasi atau data, tes harus dirancang secara khusus. Kekhususan tes terlihat dari bentuk soal tes yang digunakan, jenis pertanyaan, rumusan pertanyaan yang diberikan, dan pola jawabannya harus dirancang menurut kriteria yang telah ditetapkan. Demikian juga waktu yang disediakan untuk menjawab pertanyaan serta pengadministrasian tes juga dirancang secara khusus. Selain itu, aspek yang diteskan pun terbatas. Biasanya meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Kekhususan-kekhususan tersebut berbeda antara satu tes yang satu dan tes yang lain.

2.     Pengukuran
Pengukuran adalah proses pengumpulan data atau informasi yang dilakukan secara objektif. Melalui kegiatan pengukuran segala program yang menyangkut perkembangan dalam banyak bidang dapat dikontrol dan dievaluasi. Hasil pengukuran berupa kuantifikasi dari jarak, waktu, jumlah, dan ukuran dsb. Hasil dari pengukuran dinyatakan dalam bentuk angka yang dapat diolah secara statistik.
Data hasil pengukuran dapat diperoleh melalui berbagai teknik tes dan non tes. Teknik-teknik tersebut ada yang menghasilkan data numerik (angka) yang bersifat kuantitatif yang dapat dianalisis secara statistik, ada pula yang menghasilkan data kualitatif. Secara ringkas, teknik-teknik pengukuran tersebut dapat dicermati pada gambar 1.1 dan 1.2


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar